Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 03 April 2013

Bahaya Takanan Darah Tinggi ( Hipertension )

,
Takanan darah tinggi atau  yang sering disebut dalam bahasa indonesia adalah hepertensi, merupakan gangguan tekanan dalam pembuluh darah, yang mengakibatkan penderita mengalami kepala pusing, pandangan kabur atau berkunang kunang, serta membuat penderita mudah marah marah.
Selain itu hipertensi bisa menyebabkan penyakit Stroke dan serangan jantung. untuk itu bagi penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Potasium, seperti sayuran dan buah buahan.


Penderita hipertensi juga harus menghindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol, karena penyebab utama hipertensi adalah tingginya kandungan kolesterol dalam pembuluh darah, sehingga menyumbat saluran pembuluh darah, dan menyebabkan tekanan darah dalam pembuluh darah meningkat yang sering disebut hipertensi.
Hipertensi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, Dan diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Faktor Keturunan.
Faktor keturunan bisa menyebabkan penyakit hipertensi, jika salah satu orang tua kita terkena hipertensi, Besar kemungkinan anak anaknya bisa terkena hipertensi, karena penyakit ini sifatnya menurun, melalui keturunan. Jadi kita perlu menjaga pola hidup sehat sedini mungkin, Apalagi kalau kita sebagai orang tua yang terkena hipertensi, kita perlu menerapkan pola hidup sehat pada anak anak kita, Agar terhindar dari Hipertensi.
2. Obesitas.
Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan penyebab hipertensi yang paling dominan, karena orang yang gemuk dalam tubuhnya terdapat timbunan lemak dan kolesterol yang lebih banyak.sehingga saluran pembuluh darah pada penderita obesitas sering tersumbat oleh kolesterol, jadi orang yang  memiliki kelebihan berat badan, mudah terkena hipertensi.
3. Pola Hidup Yang Tidak Sehat.
Pola hidup yang tidak sehat, paling banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Karena pola hidup masyarakat perkotaan cenderung ingin yang bersifat praktis, sehingga pola makan kurang teratur, dan banyak yang memilih makanan siap saji. Padahal makanan siap  saji tidak bagus untuk kesehatan, jika dikonsumsi terus menerus. Selain itu kita perlu menghindari makanan dari jenis Unggas, karena banyak mengandung lemak dan kolesterol, serta memperbanyak makan buah buahan dan sayuran, yang diimbangi dengan olah raga teratur.Sehingga dapat menghindari terserang penyakit hipertensi.

0 comments to “Bahaya Takanan Darah Tinggi ( Hipertension ) ”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates