Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 10 Mei 2013

Dampak Negatif Ipad Dan Tabulet Bagi Anak Anak Dan Remaja

,
Tidak bisa kita pungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini telah memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat, terutama dengan adanya Ipad dan Tabulet yang sangat memanjakan dengan kemudahan kemudahan bagi penggunanya. Karena fungsinya yang bisa menggantikan komputer, Note book dan Net book, karena bentuknya demensinya yang tipis, ramping dan ringan. sehingga mudah dibawa kemana mana, dan sangat praktis bila digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa, Bahkan Ipad dan Tabulet sangat berguna dalam menunjang kebutuhan pekerjaan dan bisnis.


Tapi, meskipun fungsinya sangat banyak ! Ipad dan Tabulet juga memiliki dampak negatif, terutama bagi anak anak dan remaja. Karena banyak anak anak dan remaja yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan Ipad dan Tabulet, jari jemari mereka seolah olah tidak bisa lepas atau berhenti dalam mempermainkan aplikasi aplikasi yang ada pada Ipad dan Tabulet.
Hal itulah yang membuat anak anak dan remaja kurang berinteraksi dengan dunia luar, Jika penggunaan Ipad dan Tabulet tidak dibatasi atau diatur di kuatirkan akan berdampak negatif bagi perkembangan anak anak dan remaja.
Dampak negatif tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kurangnya interaksi dengan teman teman sebaya.
Jika anak anak sering berinteraksi dengan teman temannya diluar ruangan, seperti bermain dengan teman teman sebayanya, baik permainan tersebut berupa hiburan ataupun berupa olah raga, seperti sepak bola, bulu tangkis dan lain lain, mereka akan cenderung aktif ! baik aktif dalam bergerak, berkomunikasi atau bersosialisasi dengan teman temannya. Sehingga bisa mengenal sifat dan karakter orang lain. Sedangkan aktif dalam bergerak terutama dalam olah raga, memiliki dampak positif bagi kesehatan, terutama kebugaran dan diiringi dengan munculnya sifat sportivitas antar teman.

2. Lemahnya mental anak atau Mudah menyerah.
Dengan fasilitas dan kemudahan dari kecanggihan teknologi, anak anak dan remaja akan mudah mendapatkan keinginannya, Hai inilah yang dikuatirkan pada suatu saat kalau mereka sudah dewasa dan terjun langsung dalam dunia pekerjaan atau bisnis, Karena dalam bekerja atau berbisnis, dibutuhkan kerja keras dan mental yang ulet atau pantang menyerah. Ketika menghadapi rintangan rintangan dan masalah masalah yang pasti muncul dalam pekerjaan dan berbisnis. Akibat kemudahan kemudahan fasilitas ketika masih kanak kanak dikawatirkan akan berdampak buruk akan mentalitas ketika mereka dewasa, salah satunya dampak kemudahan yang meraka dapatkan dari Ipad dan Tabulet.

3. Rendahnya Jiwa Sosial.
Jika sebagian besar waktu anak anak dihabiskan dihadapan Ipad dan Tabulet, mereka kurang mengetahui kondisi sosial diluar sana, terutama anak anak dari keluarga yang tidak mampu. Jika mereka mau bermain diluar sana, mereka akan mengetahui bahwa diluar sana masih banyak anak anak dari keluarga yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan. Tentu mereka akan merasa beruntung dilahirkan pada keluarga yang berkecukupan, dan hal ini bisa melatih rasa kemanusiaan anak anak dari pada menghabiskan waktunya dihadapan Ipad dan Tabulet.

Pada dasar kecanggihan teknologi akan sangat menguntungkan bila digunakan dengan sebaik baiknya, serta ada batasannya. Namun jika berlebihan juga tidak akan baik.
Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

0 comments to “Dampak Negatif Ipad Dan Tabulet Bagi Anak Anak Dan Remaja ”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates