Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 22 Mei 2013

Persiapan Diri Sebelum Memasuki Dunia Kerja / Fress Graduate

,
Bagi anda yang baru lulus kuliah dari perguruan tinggi, atau anda yang baru lulus dari SMK (sekolah menengah kejuruan) atau SMU (sekolah menengah umum). Dan anda berkeinginan untuk memasuki dunia kerja, Pada perusahaan tertentu yang membutuhkan tenaga dan keahlian anda.
Tentunya sebelum anda mendapatkan sebuah pekerjaan, anda perlu mempersiapkan banyak hal supaya anda bisa diterima pada sebuah perusahaan, dan mampu beradaptasi pada lingkungan pekerjaan dengan cepat, sehingga anda meresa nyaman.


Berikut adalah beberapa saran untuk persiapan diri sebelum memasuki dunia kerja :

1. Pada saat melamar pekerjaan, Pilihlah bidang pekerjaan yang sesuai dengan keahlian anda.
Tujuan memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan keahlian, supaya anda mudah beradapsi dan cekatan dalam menyelesaikan tugas tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan, serta anda dapat menangani masalah masalah yang pasti muncul dalam pekerjaan dengan berkonsultasi dengan rekan rekan anda dalam pekerjaan atau atasan anda secara langsung.
Tapi bagi anda yang terpaksa bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan keahlian, karena tuntutan kebutuhan ekonomi !, sebenarnya itu tidak menjadi masalah, asalkan diri anda bisa menerima, mamahami situasi dan kondisi. Dan yang paling penting anda menganggap hal itu sebagai peluang.
Bekerja pada bidang lain atau tidak sesuai dengan keahlian juga bisa memiliki nilai yang positif bagi anda yang mau berprinsif Positif Thingking, karena anda akan mendapatkan pengalaman pengalaman baru, ilmu ilmu baru, dan yang pasti akan menambah kemampuan anda di berbagai bidang.
Dan yang perlu anda Ingat adalah "Pengalaman Merupakan Pelajaran Yang Paling Berharga Yang Tidak Bisa Kita Dapatkan Dari Dunia Pendidikan, Sampai Tingkat Pendidikan Yang Paling Bonafit".

2. Persiapan Mental.
Yang dimaksud mempersiapkan mental adalah, Anda harus siap untuk bekerja dengan memaksimalkan kemampuan anda, karena dalam dunia pekerjaan anda akan dituntut untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai batas waktu yang ditentukan (deadline). Berbeda dengan dunia pendidikan, anda akan diberikan lebih banyak waktu dan bimbingan dari guru atau dosen. Jadi anda harus berusaha beradaptasi dari dunia pendidikan ke dunia pekerjaan.

3. Beradaptasi Dengan Waktu Pekerjaan.
Perlu diketahui bahwa waktu yang akan dipakai pada dunia pekerjaan akan lebih lama dengan dunia pendidikan, jadi bagi anda yang baru pertama kerja atau fress graduate, harus membiasakan diri untuk bekerja dalam waktu yang lebih panjang, Apalagi jika perusahaan dimana anda bekerja mendapatkan permintaan yang tinggi dari pelanggan, dan harus segera diselesaikan !, biasanya anda akan dituntut untuk kerja lembur.

4. Bersedia Memulai Dari Yang Paling Kecil Atau Dari Bawah.
Jika anda sebagai karyawan baru (fress graduate) tentunya anda akan ditempatkan pada posisi bawah, yang memiliki resiko dan tanggung jawab yang minim, Dan tidak mungkin sebagai karyawan baru dan belum memiliki pengalaman akan ditempatkan menjadi pimpinan, meskipun dasar pendidikan anda sudah tinggi. Jadi semuanya butuh proses dan kerja keras untuk mencapai tingkatan yang lebih baik, Bagi anda yang ingin berwira usaha pun harus memulai jenis usaha dari nol atau bawah, Dari modal yang minim atau sedikit, jika usaha sudah berjalan, maka perlahan lahan tentunya modal akan lebih diperbesar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan usaha.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

2 comments to “Persiapan Diri Sebelum Memasuki Dunia Kerja / Fress Graduate”

  • 23 Mei 2013 pukul 05.42
    Unknown says:

    Nice info sob.

  • 6 Februari 2016 pukul 15.36
    Unknown says:

    thanks ,

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates