Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 07 Mei 2013

Manfaat Sering Mengedipkan Mata

,
Mata merupakan indra penglihatan yang penting dan vital bagi manusia, Jadi kita harus menjaga dan merawatnya, meskipun dengan cara cara yang sederhana, tapi sangat penting ! Seperti Berkedip.
Berkedip atau mengedipkan mata mempunyai tujuan untuk melakukan pelembaban pada bola mata, terutama bagian Retina, supaya mendapatkan cairan dari kelopak mata pada saat kelopak mata menutup, saat berkedip, sehingga bola mata terutama retina menjadi lembab.


Berkedip merupakan reflek alamiah yang dilakukan kelopak mata kita, untuk melakukan pelembaban pada bola mata. Saat bola mata kita terbuka dan kita gunakan untuk melihat, maka bola mata akan terkena udara luar, dan menyebabkan bagian luar bola mata kekurangan cairan atau kelembabannya berkurang. Namun saat kelopak mata kita menutup pada saat berkedip, maka kelopak mata kita akan melepaskan cairan ke bagian luar bola mata, sehingga mendapatkan pembasahan dan menjadi lembab ! Berkedip merupakan reflek alamiah yang dilakukan kelopak mata kita, dalam melindungi bola mata.

Meskipun berkedip merupakan reflek alamiah, Tapi pada saat kita serius dalam aktifitas pekerjaan atau sedang melihat suatu hal yang menarik dan menghibur ! Kita memaksa bola mata kita untuk melihat dan terbuka lebih lama, Sehingga jarang berkedip, akibatnya mata kurang mendapatkan cairan untuk menjaga kelembaban bola mata. Efek yang langsung dirasakan bila mata kurang berkedip biasanya mata akan terasa panas, mata cepat lelah dan terlihat memerah.
Berikut adalah aktifitas yang sering memaksa mata kita terbuka lebih lama, Sehingga kurang berkedip :
1. Melihat monitor Komputer atau Laptop
Melihat Monitor komputer terlalu lama, Sampai kurang berkedip biasanya dialami oleh para pekerja kantoran yang aktifitasnya dibalik layar komputer, Mata dipaksa bekerja keras sehingga kurang berkedip, untuk itu bagi anda yang bekerja dibalik layar komputer, sebaiknya membiasakan diri untuk sering mengedipkan kelopak mata, supaya bola mata mendapatkan cairan dari kelopak mata, dan mata tetap terjaga kelembabannya ! Sehingga mata tidak mudah lelah.
2. Saat nonton TV atau nonton Film di bioskop.
Saat kita nonton TV atau Bisokop yang acaranya sangat seru, tentunya kita tidak mau melewatkan adegan adegan yang menarik lolos dari penglihatan kita, sehingga menyebabkan bola mata kita terbuka lebih lama dan kurang berkedip, menyebabkan bola mata kita kurang mendapatkan cairan untuk kelembaban bola mata. Untuk itu kita perlu meluangkan sedikit waktu untuk mengedipkan kelopak mata kita, supaya bola mata kita tetap mendapatkan cairan untuk kelembaban.
3. Membaca.
Bagi orang yang gemar membaca atau sering disebut Kutu Buku, Biasanya kesehariannya dihabiskan untuk membaca buku, pada saat asik membaca ! mata dipaksa terbuka lebih lama, dan kurang berkedip. Sehingga mata cepat lelah, untuk itu perlu dibiasakan untuk mengedipkan bola mata, supaya kelembaban bola mata tetap terjaga. Sehingga mata tidak cepat lelah.

Salah satu penyebab mata minus adalah Kondisi mata yang dipaksa bekerja keras dan kurang berkedip, sehingga kurang mendapatkan cairan untuk kelembaban bola mata, terutama Retina. Sehingga lambat laun terjadi penurunan fungsi dari Retina pada mata, yang sering terjadi adalah mata minus. Dan paling banyak orang yang mengalami mata minus adalah orang yang bekerja dibalik layar komputer.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan Terima kasih.



 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates