Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 19 Maret 2013

Menghindari Kejenuhan Dalam Pekerjaan

,
Bagi anda yang bekerja pada sebuah perusahaan atau sebagai karyawan, Pasti sebagian besar dari anda  sekalian, pernah mengalami rasa jenuh. Rasa jenuh ini, ada yang bisa disadari/dirasakan dan ada rasa jenuh yang tidak disadari. semua tergantung faktor penyebabnya.
Rasa jenuh yang tidak disadari biasanya disebabkan oleh kebosanan seorang karyawan karena rutinitas yang monoton, atau yang itu itu saja, dari hari ke hari. Kejenuhan seperti ini sangat mudah diatasi, Bisa dihilangkan dengan melakukan liburan atau refresing dengan mengambil jatah Cuti yang dimiliki oleh masing masing Pekerja/karyawan.


Sedangkan rasa jenuh yang bisa disadari atau dirasakan biasanya disebabkan oleh masalah yang ada pada perusahaan, masalah tersebut akan menimbulkan kejenuhan, dan ketidak nyamanan karyawan dalam bekerja, sehingga bisa menurunkan produktifitas pekerjaan.

Contoh masalah yang bisa menimbulkan kejenuhan pada karyawan adalah sebagai berikut :
1. Penempatan karyawan yang tidak sesuai dengan keahlian atau bidang yang disukai, biasanya karyawan akan tertekan, kinerja kurang maksimal, karena melaksanakan tugas dan tanggung jawab  yang tidak sesuai keahlian, Dan yang paling mengecewakan hasilnya kurang memuaskan.
2. Hubungan yang kurang baik antar karyawan. Gesekan gesekan antar karyawan ini sering terjadi, bahkan pasti terjadi karena ada saja, salah satu dari karyawan yang ingin mencari muka pada atasannya, sehingga menjatuhkan nama baik rekan rekannya.
3. Hubungan  antara karyawan dengan atasan.
Masalah antara karyawan dengan atasan biasanya disebabkan oleh ketidak puasan karyawan dengan upah yang diberikan. dan bisa disebabkan oleh sikap atasan kepada bawahan yang semaunya sendiri, tidak mau menerima saran dari bawahan.

Bagaimana cara mangatasi permasalahan permasalan tersebut ?
1. Jika anda ditempatkan pada posisi pekerjaan yang bukan keahlian anda, Sebaiknya anda berbicara melalui HRD yang ada diperusaan anda, supaya bisa menengahi dan menyampikan keluhan anda pada atasan. Jika memang tidak ada jalan keluar, belum ada posisi sesuai dengan keahlian anda, sebaiknya anda tetap bekerja dan mau beradaptasi.
2. Masalah hubungan yang kurang baik antar karyawan, sebaiknya anda befikir lebih jernih, bahwa anda disini bekerja untuk mencari nafkah, jadi anda tidak usah perdulikan orang orang yang tidak menyukai anda, Tapi anda harus tetap waspada jika suatu saat, ada tindakan yang akan merugikan anda.
3. Masalah hubungan antara karyawan dengan atasan, Hanya bisa di mediasi oleh HRD dengan perwakilan karyawan, supaya ditemukan solusi terbaik yang bisa diterima kedua pihak.


 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates