Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 24 Agustus 2012

Tip Kesehatan Jantung

,
Jantung adalah Organ yang sangat Vital bagi manusia, Jantung berfungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali sesudah dibersihkan oleh Paru Paru. Jantung juga berfungsi menyediakan oksigen yang cukup untuk disalurkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme. Karena kerja jantung secara terus menerus selama manusia hidup, Maka alangkah baiknya jika kita semua Peduli dengan kesehatan Jantung kita masing masing, dengan membatasi makanan jenis tertentu atau melakukan kegiatan sebagai berikut :

KERJA JANTUNG

1. Kurangi makanan berlemak jenuh tinggi.
Makanan berlemak jenuh tinggi seperti kulit unggas, daging merah dan susu murni. Lemah jenuh mudah dirubah menjadi  " kolesterol jahat" yang beresiko menimbulkan penyakit Jantung Koroner. perbanyak makan seafood yang banyak mengandung omega 3 serta sayuran dan buah buahan yang banyak mengandung serat dan vitamin.

2. Kurangi Porsi Garam.
Bila anda memiliki tekanan  Darah tinggi, kurangi makanan yang mengandung garam, pilihlah snack yang menggunakan sedikit garam.

3. Banyak Berolah Raga.
Berolah raga tidak harus dilakukan pada tempat kusus, Cukup kita mengambil kesempatan untuk berolah raga dari kegiatan kita sehari hari. seperti, saat shoping di Mol usahakan jalan jalan yang jauh mengelilingi Mol. Kerjakan sebagian pekerjaan rumah yang dikerjakan pembantu, seperti menyiram bunga, menata halaman.

4. Kendalikan Berat Badan.
Jaga berat badan agar tidak kegemukan. jika anda saat ini mengalaminya, lebih baik sering berolahraga dan perbanyak makan sayur sayuran. karena Obesitas membuat anda rentan terhadap Penyakit.

5. Monitor Tekanan Darah dan Tingkat Kolesterol.
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengukur tekanan Darah dan kadar kolesterol dalam Darah. Hipertensi sering kali hadir tanpa disadari dan sering menjadi "silent killer"

6. Hindari Stres.
Stres yang tinggi bisa menimbulkan gejala serangan Jantung. Ambil waktu untuk bersantai, atau bergaul dengan teman yang bisa membuat anda senang dan sejenak melupakan beban hidup. Istirahatlah secukupnya.

7. Kurangi Merokok atau Berhenti Merokok.
Karena rokok mengandung banyak racun seperti :
a. Nicotin menyebabkan kecanduan, merusak jaringan otak dan membuat darah cepat beku.
b. Tar dapat membunuh sel dalam saluran darah dan meningkatkan produksi lendir Paru Paru.
c. Karbondioksida dapat mengikat hemoglobin sehingga tubuh kekurangan oksigen dan menghalangi transportasi dalam Darah.

Semua yang disebutkan diatas adalah hal hal yang dapat mengganggu kesehatan Jantung, semoga bisa jadi ilmu pengatahuan dan panduan untuk diri sendiri dan orang lain untuk selalu menjaga kesehatan Jantung. Sekian dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih.


1 comments:

  • 7 Januari 2013 pukul 10.28
    Unknown says:

    salam kenal juga

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates