Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 16 Agustus 2012

Tradisi Lebaran

,
Minal Aizin Walfai'zin ( Mohon Maaf Lahir Dan Batin )

Lebaran adalah perayaan hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam, Karena di Indonesia hampir 90 persen warganya beragama Islam tentunya perayaan hari lebaran lebih semarak. karena indonesia terdapat bermacam macam suku dan budaya cara merayakannya pun berbeda tapi pada inti sama tujuannya yaitu saling bersilaturohmi antara anggota keluarga dan handai taulan agar tetap terjaganya ukuwah Islamiah.

Dalam hal ini saya ingin mengulas kegiatan atau aktifitas masyarakat Indonesia dalam menyambut hari Lebaran dan sesudah Lebaran adalah sebagai berikut :
1. Mudik
    Kegiatan Mudik ini sudah menjadi Rutinitas taunan atau Tradisi bagi bangsa Indonesia khususnya umat muslim, Meraka melakukan ini untuk bersilaturohmi dengan Orang Tua dan anggota keluarga yang berada di desa atau daerah lainnya. Meskipun jauh, ramai dan tidak hanya mengeluarkan biaya yang sedikit, Tapi mereka senang dan Iklas melakukannya.
2. Makanan Khas Lebaran.


    Makanan khas lebaran pun berbeda beda pula tiap daerah di Indonesia, Tapi pada umumnya makanan khas lebaran di Indonesia yang tidak ketinggalan adalah Ketupat, kerena ketupat sudah menjadi Ikon makanan khas lebaran bagi Rakyat Indonesia.
3. Rekreasi
    Rekreasi biasanya dilakukan setelah semua urusan dengan anggota keluarga sudah selesai, Biasanya mereka mengunjungi obyek obyek wisata terdekat. Tentunya hal ini dilakukan untuk menghibur semua anggota keluarga agar punya kesan di hari Lebaran.
4. Arus Balik.
    Arus balik atau kembali paru pemudik ke Kota untuk menjalani rutinitas atau pekerjaan mereka dalam mencari nafkah seperti biasanya.

Demikian tentang ulasan Tradisi Lebaran masyarakat Indonesia pada umumnya, semoga bisa jadi sarana tukar informasi dalam menyambut hari Lebaran, Minal Ai'zin wal Fa'Izin ' Mohon Maaf Lahir Batin.
Sekian dan Terima Kasih.

0 comments to “Tradisi Lebaran”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates