Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 25 Oktober 2012

Berkurban Di Hari Raya Idul Adha

,
Berkurban merupakan perintah yang diterima oleh Nabi Ibrahim, Yang mana ia diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih anaknya, yaitu nabi Ismail. kalau menurut kita itu perintah yang tidak masuk akal, dan mustahil untuk dikerjakan.


Sebagai manusia tentunya kita memiliki keinginan, perasaan, dan kesedihan jika harus mengorbankan kecintaan yang kita miliki. Tapi bagi Ibrahim menerima dan menjalankan perintah Allah adalah yang masuk akal. Karena kepatuhan dan kerelaan berkorban karena perintah Allah. Dan karena kesabaran Keduanya, Allah menukar Ismail dengan seekor binatang sembelihan. Itulah awal Diisyaratkan Berkurban.
Seperti Firman Allah ( QS- Al- kausar )
(1) INNA A'THOINAAKA ALKAUTSAR, (2) FASHOLLI LIROBBIKA WANHAR, (3) INNASYAA NI-AKA HUWAL ABTAR.
artinya : (1). Sesungguhnya telah kami berikan kepadamu Alkausar. (2) Maka dirikanlah Sholat untuk Rabbmu, menyembelihlah (3) Sesungguhnya orang orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwa Allah telah memberikan Al Kausar yang dapat diartikan bahwa Allah telah memberikan seluruh nikmatNya kepada kita sebagai manusia.
Tapi Allah hanya meminta sedikit kepada kita yaitu untuk mengerjakan Sholat dan melaksanakan Kurban dengan menyembelih binatang untuk dibagikan kepada Fakir miskin. Itu hanya diwajibkan kepada orang yang memiliki kemampuan atau harta yang berlebih.

0 comments to “Berkurban Di Hari Raya Idul Adha”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates