Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 02 Oktober 2012

Syarat Syarat Tayammum

,
Tayammum merupakan pengganti wudlu atau mandi, sebagai keringanan bagi orang beriman kerena tidak bisa mendapatkan air bersih untuk bersuci. tayammum juga deperbolehkan untuk beberapa orang yang mendapatkan halangan, atau tidak bisa menggunakan air dikerenakan Sakit, Dalam perjalanan jauh sukar menemukan air dan orang dalam perjalanan jauh menggunakan angkutan umum, seperti Bus, Kereta Api dan lain lain.
Tayammum ialah mengusap tanah (debu) kemuka dan kedua tangan sampai siku. Namun itu cara jaman dahulu, pada jaman sekarang tayammum bisa dilakukan pada Tembok, Kursi atau pada tempat yang bersih.

Allah Ta'ala berfirman dalam surat (Al-maidah : 6 )

"WAINKUNTUM MARDHAA  AU'ALAA SAFARIN AU JAA-A AHADUM MINKUM MINAL GHAAITI AU LAAMASTUMUNNISAA-A FALAM TAJIDUU MAA-AN FATAYAMMUU SHA'IIDAN THAYYIBAN FAMSAHUU BIWUJUUHIKUM WA AIDIIKUM MINHU".
Artinya:
 'Dan jika kamu sakit, dalam perjalanan, kembali dari tempat buang air (kakus). atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih) sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu'.

Sedang syarat syarat Tayammum sebagai Berikut :
1. Sudah masuk waktu Sholat.
2. Sudah diusahakan mencari air, Tapi tidak mendapatkannya, sedang waktu sholat sudah tiba.
3. Dengan tanah suci dan berdebu.
4. Menghilangkan najis terlebih dahulu.

Sekian yang bisa saya sampaikan dan Terima Kasih.



0 comments to “Syarat Syarat Tayammum”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates