Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 06 Januari 2013

Membuangan Sampah Ke Sungai Bisa Mengakhibatkan Banjir !!!

,
Perilaku buruk Masyarakat Indonesia dalam membuang sampah yang bukan pada tempatnya (tempat sampah), Masih saja berlanjut hingga sekarang. Yang paling menghawatirkan adalah banyak diantara perilaku masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Karena sampah yang dibuang ke Sungai akan mengakibatkan penyumbatan aliran air di sungai. Jika di musim penghujan terjadi hujan deras, maka aliran sungai yang terhambat oleh sampah akan meluap, dan akhirnya menimbulkan Banjir di pemukiman warga.


Meskipun pemerintah daerah sudah sering melakukan penyuluhan kepada masyarakat, Namun masih saja banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. Seolah olah mereka tidak tahu kalau perbuatan tersebut bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan.
Yang jadi pertanyaan Kenapa Masih Banyak Masyarakat Yang Belum Memiliki Kesadaran Dalam membuang sampah Pada Tempatnya ??? Dan masih saja membuang sampah Ke Sungai !!!

Dibawah ini yang menyebabkan masyakat masih membuang sampah ke sungai :
1. Masih Banyaknya Pemukiman Kumuh.
Pemukiman kumuh, Terutama di kota kota besar seperti jakarta, Dengan fasilitas pembungan sampah yang minim ! sehingga masyarakat tidak mempunyai pilihan dalam membuang sampah selain ke sungai.
2. Masih Banyak Pemukiman Liar Di Pinggir Pinggir Sungai.
Pemukiman Liar di pinggir sungai juga memiliki andil yang sangat besar dalam penyumbatan aliran sungai yang disebabkan oleh sampah rumah Tangga. Kerena masyarakat yang tinggal di pemukiman liar di pinggir kali, Banyak yang membuang sampah ke Sungai.
3. Tingkat Kesadaran Masyarakat yang Masih Rendah.
Meskipun masyarakat di Indonesia sudah mendapatkan penyuluhan melahan melalui pemerintah daerah setempat atau media massa, mereka masih saja tidak memiliki kesadaran dalam membuang sampah. Mungkin harus diterapkan peraturan perundang undangan yang lebih tegas dan membuat masyarakat memiliki rasa malu jika membuang sampah sembarangan.

Sekian yang bisa saya sampaikan, Semoga bermanfaat.
Terima Kasih.

2 comments to “Membuangan Sampah Ke Sungai Bisa Mengakhibatkan Banjir !!!”

  • 22 Januari 2013 pukul 00.34
    mbahsalikun says:

    melarang tentu hrs ada solusinya,jangan buang sampah ke sungai,buanglah di tungku salikun yg tdk pernah penuh krn dibakar tanpa bhan bakar apapun,jelas warga mematuhi tdk mungkin membuang sampah ke sungai,bila disediakan tungku tsb.seperti di bbrp tempat yg sdh menggunakan tungku ini tdk ada kerepotan dengan sampah(buka)teknologitpa.blogspot.com atau tungku sampah.com

  • 23 Januari 2013 pukul 04.54
    Unknown says:

    Benar juga pak, !!!!!

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates