Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 07 September 2012

Jenis Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

,
Nyamuk adalah Binatang yang sangat mengganggu Istirahat kita di malam Hari, Apalagi di musim kemarau yang berkepanjangan seperti sekarang ini rumah kita rentan terhadap serbuan Nyamuk. Selain menggangu tidur, nyamuk juga membawa berbagai jenis penyakit diantaranya Demam berdarah, Chicungunya dan Malaria.
Untuk mengusir nyamuk biasanya kita menggunakan Obat anti nyamuk yang menggunakan bahan Kimia, namun Hal tersebut sangat riskan. Terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil. Untuk itu anda bisa menggunakan beberapa Tanaman yang bisa mengusir nyamuk, selain bagus untuk kesehatan dan lingkungan. Ternyata tanaman ini juga bisa digunakan sebagai Penghias ruangan. contoh Tanaman sebagai berikut :
1. Zodia.


Tanaman asli papua ini termasuk famili Rutaceae, yang mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang berfungsi sebagai  penghalau nyamuk yang mampu bertahan selama 6 jam. Masyarakat papua biasa menggosokkan daun ini ketubuh sebelum masuk hutan untuk menghindari serangga.
Untuk menghindari nyamuk masuk kedalam rumah letakkan Zodia di titik akses masuknya angin ke dalam ruangan.
2. Lavender.
Tanaman asal Pegunungan Alpen, swiss ini memang sudah dikenal sebagai bahan baku lotion anti-nyamuk. Tanaman berbunga Ungu ini tidak disukai nyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Untuk menghindari gigitan nyamuk, cukup gosokkan bunga laverder ke Tubuh.
3. Geranium (Pelargonium Hortorun)
Geranium alias Tapak Dara atau pelargonium, mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk.Tanaman geranium di dalam pot dan diletakkan pada tempat yang kena hembusan angin. Saat daun daun Geranium bergesekan aromanya akan tercium dan membuat nyamuk Pergi.
4. Rosemary
Menghasilkan bau seperti minyak Telon yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini tumbuh baik dibawah  sinar matahari, Saat diperlukan Rosemari bisa diletakkan di dekat jendela. Untuk memanfaatkannya, gosokkan daunnya yang berbentuk jarum ke Kulit.
5. Serai
Mungkin tak banyak yang tahu jika tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini mampu membunuh nyamuk. karena mangandung zat geranoil dan sitronelol. lantaran kandungannya itu, tumbuhan yang termasuk jenis rumput rumputan ini mulai digunakan sebagai bahan lotion anti Nyamuk.
6. Citrosa Masquito.
Tumbuhan asal Negeri Kincir Angin ini memiliki aroma seperti lemon yang pekat sehingga tidak disukai serangga. Citrosa Mosquito sangat menyukai sinar matahari dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tetapi tanaman ini sulit ditemukan di pasar.
7. Marigold (Bunga Tai Kotok)
Tumbuhan dengan bunga semarak: kuning, merah, dan jingga ini banyak ditemukan di Indonesia dan lebih dikenal dengan nama bunga tai kotok. Marigold memiliki dua jenis, yakni tagetes erecta dan tagetes patula.
Baunya yang tidak enak ternyata bisa mengusir nyamuk. Dengan bunga yang indah, tak ada salahnya jika marigold dipajang di salah satu sudut ruangan rumah.
8. Akar Wangi.
Akar wangi dapat mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai dan mampu membunuh nyamuk aedes aegypti. Ekstrak akar wangi teruji dapat mengendalikan nyamuk aedes aegypti dan anopheles aconitus. Untuk mengusir nyamuk dari rumah, tanam tumbuhan ini di pekarangan rumah dan rasakan faedahnya.

Demikan informasi yang bisa saya sampaikan mengenai, jenis jenis tanaman yang bisa mengusir Nyamuk. semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
Sekian dan Terima Kasih.



0 comments to “Jenis Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates