Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 30 September 2012

Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

,
Mendaki gunung adalah kegiatan pecinta Alam atau ekspresi seseorang yang ingin mengenal alam lebih dekat. Mendaki gunung tidak bisa dianggap remeh, kerena medan yang akan dihadapi sangat  terjal, melewati jalan setapak dan tidak menutup kemungkinan para pendaki akan melewati jalan yang licin dan kemiringan jalan yang lebih dari 45 derajat.


Jadi sebelum hari keberangkatan kita harus mempersiapkan segala kebutahan, Supaya pada saat pendakian tidak kekurangan perlengkapan dan bahan kebutuhan supaya perjanan kita aman serta Nyaman samapai Tujuan.

Alangkah baiknya jika kita melakukan beberapa persiapan sebagai berikut :
1. Menentukan tujuan atau Lokasi yang akan kita Daki.
Sebelum mendaki kita harus menentukan Jenis Gunung yang kita daki. ini kita sesuaikan dengan tinggi Gunung yang akan kita daki, karena semakin tinggi gunung yang akan kita daki maka akan semakin banyak waktu yang kita perlukan, serta perbekalan kitapun juga semakin banyak. Dari penentuan gunung yang akan kita daki kita bisa memperkirakan banyaknya konsumsi yang kita bawa.
2. Melakukan olah Raga.
Lakukan olah raga yang melatih fisik kita dalam pendakian. yang disarankan adalah Berlari lari diselingi berjalan, karena dalam mendaki fisik berjalan yang sangat diperlukan.
3. Bawalah barang bawaan yang diperlukan saja.
Karena barang bawaan yang tidak perlu akan membebani kita, karena barang bawaan akan semakin berat.
4. Gunakan tas ransel khusus Pendaki.
Tas ransel kusus pendaki sudah dirancang dengan nyaman untuk pendakian, serta mampu membawa barang yang lumayan banyak, juga kuat atau tidak akan rusak diperjalanan.
5. Bawalah Tenda dan Sleeping bad
Tenda digunakan untuk beristirahat, berhenti untuk memulihkan tenaga serta melindungi tubuh dari udara dingin di pegunungan. sedang sleeping bad adalah peralatan tidur supaya badan kita hangat sehingga bisa tidur dengan nyaman.
6. Membawa perlengkapan memasak dan makan.
Pada saat  beristirahat, biasanya para pendaki juga memasak untuk kebutuhan makan mereka supaya tenaga mereka segera pulih, untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.
7. Jangan lupa membawa kotak P3K.
Obat obatan sangat diperlukan dalam pendakian, karena sering ada pendaki dalam rombongan yang terluka ringan. seperti tergores, kram dan lain lain.
8. Membawa Jas Hujan.
Di pegunungan cuacanya tidak menentu, maka lebih baik kita membawa jas hujan untuk melindungi tubuh kita.

Demikian saran saran yang bisa saya bagikan sebelum anda melakukan Pendakian Gunung, semaga bermanfaat dan jangan lupa berDoa sebelum berangkat.
Sekian dan Terima Kasih.

0 comments to “Persiapan Sebelum Mendaki Gunung”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates