Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 03 September 2012

Solusi Susah Tidur (Insomnia)

,
Susah Tidur atau Insomnia adalah kesukaran untuk memulai tidur atau mempertahan tidur. biasanya insomnia terjadi karena gangguan dalam mekanisme tidur dan sering dialami oleh beberapa orang,  terutama orang yang memiliki beban psikologi dari masalah yang dihadapinya. Berikut beberapa hal yang menyebabkan orang susah tidur (Insomnia) :

1. Stress Berat atau Ringan.
Stress adalah salah satu penyebab utama orang susah tidur, karena orang yang stress pikirannya tidak bisa tenang dan selalu teringat akan masalah yang dihadapinya. Terutama disaat tidur, sehingga membuat orang tersebut terganggu dan akhirnya susah untuk tidur.
2. Sering Bergadang dan Mengkonsumsi kopi.
Karena sering bergadang, tidur menjadi tidak teratur dan karena jam tidur yang berubah ubah itu membuat orang susah tidur. Serta zat kafein yang ada didalam kopi membuat kecanduan dan menyebabkan orang susah tidur.
3. Obat terlarang atau sikotropika (Narkoba)
menimbulkan efek kecanduan yang sangat hebat.

Tidur adalah suatu hal yang sangat mudah, tapi ada beberapa orang yang sulit untuk memulainya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti yang disebutkan diatas. oleh karena itu saya akan berbagi cara untuk mengatasi Insomnia atau Susah Tidur :
1. Kurangi Stress dengan cara meluangkan waktu untuk bersantai dan bergaul dengan orang orang yang lebih berpengalaman dalam menyelesaikan masalah.Sehingga ada solusi untuk masalah kita.
2. Melakukan olah Raga secara Teratur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa olah raga bisa membantu masalah Susah Tidur, karena dengan olah raga tubuh akan menjadi Rilek dan bisa mengurangi Stress dan efek lelah saat olah raga bisa membuat orang mudah Tertidur.
3. Usahakan Tidur dalam keadaan yang nyaman. seperti matikan lampu, nyalakan AC atau Kipas angin jika temperatur udara tinggi (panas). Jauhkan jam dinding dari pandangan anda untuk menghindari kecemasan, saat susah tidur kita akan memandangi jam terus menerus, karena malam semakin larut dan tidak bisa tidur akhirnya menimbulkan Kecemasan.
4. Kurangi makanan yang bersifat stimulus yang akan membuat anda terjaga. seperti Kopi,Alkhohol dan Rokok.
5. Membaca buku sangat efektif untuk membantu kita tidur. karena saat membaca membuat mata kita lelah yang akhirnya membuat kita tertidur.
6. Aturlah tidur dalam waktu  atau jam yang teratur. jam tidur yang berubah ubah bisa membuat orang susah tidur.
7. Tenangkan pikiran Anda, untuk melupakan masalah masalah yang terjadi di siang hari.

Dekian solusi untuk mengatasi Insomnia atau susah tidur yang sering terjadi pada seseorang karena penyebab penyebab tertentu.
Sekian dan Terima Kasih.



0 comments to “Solusi Susah Tidur (Insomnia)”

Posting Komentar

 

Problem And Solution In The World Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates